Pages

Misteri Besar Yang Tak Terpecahkan dan Dilupakan


Tahu Enggak? Manusia mempunyai sejarah panjang dan berliku, begitu banyaknya kejadian - kejadian aneh yang tak bisa dijelaskan secara ilmiah pernah terjadi dan dicatat dalam sejarah. Para ahli sejarah, arkeolog, dan ilmuwan lain yang kompeten berkaitan dengan bidang ini, bagaimanapun masih terus menggali, mencari, mempelajari dan menyimpulkan, sehingga semuanya bisa lebih jelas bagi kita untuk diketahui dan mungkin dipelajari. Namun ada kalanya sebuah peristiwa penting dalam sejarah masih terus menjadi misteri yang tidak bisa diungkapkan, dijelaskan bahkan dipecahkan.


Daftar 10 misteri ini membuat banyak orang masih bertanya - tanya, dan mungkin karena lelah sebagian besar dari kita melupakannya...

10. Rongorongo


Meskipun banyak orang yang tahu tentang Moai di Easter Island, namun tidak banyak yang tahu tentang misteri lainnya berkaitan dengan Easter Island. ‘Rongorongo’ adalah bahasa tulisan yang sulit dibaca dari para penduduk awal di daerah tersebut. Rongorongo dianggap misterius karena tidak ada tetangga kaum oceania yang menggunakan bahasa tulisan.

9. Atlantis Kota yang Hilang


Pada akhir abad kedua Masehi, penulis Yunani, Pausanias menulis sebuah cerita tentang bagaimana (4-500 tahun sebelumnya?) di satu malam ketika gempa kuat menghancurkan kota besar Atlantis, dengan Tsunami yang menyapu habis apapun yang ada di kota besar yang pernah maju tersebut. Kota tersebut, ibu kota dari Achaean League, adalah pusat ibadah yang dibaktikan kepada dewa kuno Poseidon, dewa laut. Tidak ada jejak masyarakat legenda yang disebutkan diluar tulisan-tulisan Yunani kuno sampai tahun 1861, ketika seorang arkeolog menemukan uang yang dianggap berasal dari Atlantis – sebuah koin perunggu dengan kepala Poseidon.

8. Mayat Berlumpur


Misteri ini bahkan bisa menjadi sebuah masalah bagi para penyelidik legenda dari CSI dan semacamnya! Mayat-mayat berlumpur ini adalah ratusan mayat kuno yang ditemukan terkubur di sekitar rawa-rawa utara dan lahan-lahan basah di Eropa Utara. Beberapa mayat ini memiliki tanda penyiksaan dan “kesenangan” abad pertengahan lainnya, yang membuat beberapa peneliti berpendapat bahwa korban-korban yang tidak beruntung ini adalah hasil dari pengorbanan ritual.

7. Runtuhnya Kaum Minoan


Kaum Minoan terkenal karena legenda Theseus dan Minotaur, namun faktanya kaum ini merupakan warisan dari peradaban yang pernah besar dan lebih menarik. Meskipun banyak sejarahwan berkonsentrasi pada kejatuhan Kerajaan Roma, runtuhnya kaum Minoan, yang menduduki pulau Crete, adalah sebuah misteri yang sama jika tidak lebih besar. Tiga setengah tahun lalu, pulau tersebut digoncang oleh sebuah ledakan vulkanik besar di Pulau sebelahnya Thera. Para arkeolog menemukan buku-buku catatan yang menunjukkan bahwa kaum Minoan tetap bertahan selama 50 tahun setelah ledakan tersebut, sebelum akhirnya mereka benar-benar menghilang. Teori-teori tentang apa yang mengakhiri mereka telah berkembang mulai dari debu vulkanik yang menutupi pulau tersebut dan menghancurkan semua hasil panennya sampai ke masyarakat lemah yang akhirnya tersingkirkan oleh serbuan para kaum Yunani.

6. Batu Carnac


Setiap orang pernah mendengar tentang Stonehenge, namun hanya sedikit yang mengetahui Batu Carnac. 3000 batu megalitik ini tersusun dalam barisan yang sempurna sepanjang 12 kilometer di pesisir Brittany di Barat Laut Perancis. Mitologi di sekitar batu-batu tersebut menunjukkan bahwa tiap batu adalah tentara Roma yang diubah menjadi batu oleh Merlin Sang Penyihir. Usaha-usaha penjelasan ilmiah menunjukkan bahwa batu-batu tersebut bisa jadi merupakan alat deteksi gempa yang rumit. Identitas kaum Neolithic yang membangunnya tidaklah diketahui.

5. Robin Hood


Semua orang pasti mengenal tokoh sahabat rakyat jelata ini. Namun kebenaran dari pria pemanah tampan ini masih berupa misteri. Pencarian sejarah perambok legendaris ini telah membesarkan sejumlah nama yang mirip dengannya. Salah satunya adalah seorang buronan Yorkshire bernama Rober Hod, yang juga dikenal sebagai Hobbehod atau Robert Hood dari Wakefield. Pencarian tersebut menjadi semakin rumit seiring nama Robin Hood menjadi istilah umum bagi seseorang yang berada di luar perlindungan hukum. Ketika literatur mulai menambahkan karakter-karakter baru kepada dongeng tersebut seperti Prince John dan Richard the Lionheart, jejak tersebut semakin kabur. Sampai sekarang, tak seorang pun tahu siapakah sebenarnya tokoh kriminal ini.

4. Pasukan Romawi yang Hilang


Setelah pasukan Parthia mengalahkan tentara Jendral Romawi Crassus, legenda mengatakan bahwa sekumpulan kecil Tahanan Perang tersebut berkelana melewati padang pasir dan akhirnya digulung oleh tentara militer Han 17 tahun kemudian. Sejarawan Cina abad pertama, Ban Gu, menulis sebuah hikayat tentang konfrontasi dengan satu kumpulan pasukan aneh sekitar seratus personil yang berperang dalam “formasi unik berskala-ikan” untuk pasukan Romawi. Seorang sejarawan Oxford yang membandingkan catatan-catatan kuno mengklaim bahwa pasukan romawi yang hilang tersebut menemukan kota kecil dekat padang pasir Gobi bernama Liqian, yang di dalam bahasa Cina berarti Roma. Tes DNA sedang dilakukan untuk menjawab klaim tersebut dan semoga dapat menjelaskan beberapa tentara bermata hijau, berrambut pirang, dan menggemari perkelahian melawan banteng tersebut.

3. Naskah Voynich


Naskah Voynich yang misterius diduga telah ditulis di ke-15 atau abad ke-16. Penulis, script, dan bahasa naskah tetap tidak diketahui. Yang tercatat di atas keberadaan, yang Voynich naskah telah menjadi objek studi intensif oleh banyak profesional dan amatir kriptografer, termasuk beberapa top Amerika dan Inggris codebreakers Perang Dunia II ketenaran (yang semuanya gagal mendekripsi bagian apapun dalam teks). String ini kegagalan telah mengubah naskah Voynich menjadi subjek terkenal kriptologi sejarah, tetapi juga diberi bobot teori bahwa buku ini hanya tipuan yang rumit-urutan yang bermakna simbol sewenang-wenang.

Buku ini diberi nama setelah Polandia-buku Amerika dealer Wilfrid M. Voynich, yang mendapatkannya pada tahun 1912. Saat ini Voynich naskah disimpan dalam Buku Langka Beinecke dan Manuskrip Perpustakaan Universitas Yale sebagai item "MS 408". Edisi faksimili pertama diterbitkan pada tahun 2005. 

Kesan keseluruhan yang diberikan oleh lembaran-lembaran naskah tersebut menunjukkan bahwa isinya menyangkut farmakope atau membahas topik-topik di dalam pengobatan abad pertengahan atau modern awal. Namun, perincian ilustrasi yang membingungkan tersebut telah memunculkan berbagai teori tentang asal-usul buku tersebut, isi dari tulisan tersebut, dan tujuan naskah itu dibuat. Dokumen tersebut mengandung ilustrasi-ilustrasi yang menunjukkan bahwa buku tersebut memiliki enam bagian: Herbal, Astronomis, Biologis, Kosmologis, Farmasi, dan resep-resep.

2. Mumi Orang Eropa Di Cina


Sebuah penemuan menakjubkan mumi-mumi berusia 2000 tahun di lembah sungai Tarim Cina Barat terjadi pada awal tahun 90an. Namun yang lebih menakjubkan dibanding penemuan itu sendiri adalah fakta yang mencengangkan bahwa mumi-mumi tersebut berambut pirang dan berhidung panjang. Pada tahun 1993, Victor Mayer seorang profesor universitas mengumpulkan DNA dari mumi-mumi tersebut dan tes-tes yang dilakukannya membuktikan bahwa mayat-mayat tersebut memiliki genetik orang Eropa. Tulisan-tulisan Cina kuno dari milenium pertama SM menyebutkan kelompok-kelompok kaukasus yang berasal dari daerah timur-jauh yang disebut sebagai kaum Bai, Yeuzhi, dan Tocharian. Meskipun begitu, tak satu pun yang benar-benar menyingkapkan bagaimana atau mengapa orang-orang ini berakhir di Cina.

1. Hilangnya Peradaban Lembah Hindus


Kaum Lembah Hindus kuno, peradaban India tertua dan terkenal memiliki sebuah kebudayaan yang merentang dari India Barat sampai Afganistan dan memiliki sekumpulan rakyat sekitar 5 juta orang. Le—peradaban tertua India—merupakan sebuah kelompok yang tampak sehat dan mengesankan di zaman perunggu. Keruntuhan mereka yang mengherankan dan mendadak tersebut menyamai keruntuhan kaum Maya. Kaum Lembah Hindus ini adalah sebuah kebudayaan yang maju secara higienis dengan sistem pembuangan air canggih, dan tempat-tempat mandi yang dibandung secara amat bersih. Sampai saat ini tidak ada keterangan arkeologis tentang tentara, perbudakan, konflik, atau aspek-aspek lain dari masyarakat kuno. Tak seorang pun tahu kemana peradaban ini pergi.

4,278 comments:

  1. mantap gan infonya,saya suka yang "Atlantis Kota yang Hilang" masih penasaran gan,..thanks.

    ReplyDelete
  2. nice info... kunjungi www.uniknya.com

    ReplyDelete
  3. terimakasih gan atas infonya sngat bermanfaat, terimakasih.

    ReplyDelete
  4. Artikelnya sungguh bermanfaat ane baru dengar yang rongorongo itu maklum wong ndeso hehehe jadi penasaran ane...
    http://piisces.mywapblog.com

    ReplyDelete
  5. ternyata memang atlantis itu pernah ada ya.... katanya di indonesia ? benarkah ???

    ReplyDelete
  6. wahhh... luar biasa ya... orang jaman dulu hebat juga...

    ReplyDelete
  7. Mantep nih gan infonya. . .
    msh penasaran tuh sma atlantis kota yg hilang. . .

    ReplyDelete
  8. wow mantep gan keren..
    saya ikut menyimak aja ya

    ReplyDelete
  9. subhanallah bermanfaat banget infonya gan....semangat truuus gan

    ReplyDelete
  10. nice share sob, ane suka infonya, ini wajib untuk diketahui, siapa tau ane bisa memecahkanya besok,,, ha..ha..ha...
    by: 1000 Backlink Gratis

    ReplyDelete
  11. masih banyak misteri-misteri laninya.. :D

    ReplyDelete
  12. semua info di atas baru ane ketahui gan..
    thanks info nya.

    ReplyDelete
  13. sperti nya itu cuma cerita-cerita saja bukan kisah nyata...
    jadi ga bisa terungkap.

    ReplyDelete
  14. semoga saja ada yang bisa mengungkap misteri-misteri tersebut.

    ReplyDelete
  15. dunia memang mengisahkan berbagai misteri, baik itu yang bisa diterima oleh nalar kita sebagai manusia..atau bahkan itu yang masih belum terpecahkan. Ada hal2 tertentu yang yang kita sendiri tak mampu untuk menjangkaunya.

    ReplyDelete
  16. Hanya Sang Khalik yang tahu apa yang sebenarnya tersembunyi di balik semua misteri yang ada di dunia ini. Dan memang harus kita ketahui, bahwa di luar sana begitu banyak kehidupan dengan masing2 alamnya.

    ReplyDelete
  17. karena memang susah membuktikan sesuatu bila sumber, detail informasinya atau dasarnya masih simpang siur

    ReplyDelete
  18. bisa jadi itu semua hanyalah sebuah mitos, jika sampai saat ini kebenarannya masih diragukan dan belum pernah dibuktikan.

    ReplyDelete
  19. mungkin itu hanya sebuah Mitos dan cerita Rakyat saja.

    ReplyDelete
  20. wah infonya bagus sekali..
    sangat bermanfaat & lengkap banget..
    makasih ya :)
    salam kenal ya :)
    namaku : Ryuzaki


    #Happy Bloging

    ReplyDelete
  21. waw subhanallah. .
    psti nya msih banyak misteri lagi di balik bumi ini

    ReplyDelete
  22. Atlantis Kota yg Hilang Keren bgd dah,,,
    sy jg kutan Group'a di Atlantis Indonesia....
    Luar Biasa bgd deh Pko'a...

    ReplyDelete
  23. Atlantis selalu jadi misteri..
    Thanks infonya, saya jadi dapat inspirasi dari sini. :D

    visit blog saya di: kirayukito.blogspot.com

    ReplyDelete
  24. Atlantis gimana nasibya yaa gan???

    ReplyDelete
  25. wiiih mantap ini artikel nya nyampe keasikan bacanya hehe

    ReplyDelete
  26. kemana tuh para pasukan romawi

    ReplyDelete
  27. belum terpecahkan kok sudah di lupakan

    ReplyDelete
  28. yang bikin saya paling penasaran Atlantis, akhir akhit ini ada buku yang baru realis ane lupa lagi tuh pengarangnya..
    bahwa atlantis udah di temuin tepatnya di indonesia..

    ReplyDelete
  29. keren banget gan infonya.. !! thanks for share !!

    ReplyDelete
  30. emang ksiah kisah n peradaban jaman dulu sringkli mengundang tanya dan ketertarikan bagi kita semua !!

    ReplyDelete
  31. keren banget artikel nya , lengkap banget
    makasih infonya gan.

    ReplyDelete
  32. masi belum dapat jawaban yg aku cari neh
    http://www.japarus.com/2012/06/agenliga-sebagai-agen-bola-online-untuk.html

    ReplyDelete
  33. ternyata banyak banget yah yang belum bisa terpecahkan

    ReplyDelete
  34. informasi yang sanat bermanfaat, terimakasih atas infonya gan.

    ReplyDelete
  35. info yg mantap banget nih.......

    ReplyDelete
  36. Tapi, rumor2 atlantis itu indonesia yah? hmm..jadi makin penasaran nih, thanks yah info nya


    toko online | Grosir Kaos | Berjualan Online di Facebook | Grosir Baju Murah | Bisnis Online | UKM Go Online

    ReplyDelete
  37. thanks for share.
    visit http://bocahdoko.blogspot.com/

    ReplyDelete
  38. Artikelnya menarik sekali, menjelaskan banyak misteri yang belum terungkap kayak atlantis dll..


    Vibiz COnsulting

    ReplyDelete
  39. Nice, Sukaaaaaaa bgt :)
    hal-hal misteri memang selalu menarik untuk disimak

    ReplyDelete
  40. sungguh misteri yang membikin penasaran .

    ReplyDelete
  41. tetep aja atlantis yg paling bikin penasaran,
    apalagi sampai dibikin tema di banyak film dan game

    ReplyDelete
  42. denger2 kota atlantis itu malah di indonesia
    kalo gak salah sih

    ReplyDelete
  43. wah ternyata banyak jugayah kisah di jaman dulu....

    ReplyDelete
  44. zaman dulu Kaum Minoan wanita nya pada ga pake bra yah?hheu

    ReplyDelete
  45. selalu seru baca artikel yang bikin penasaran kyk misteri2 ini
    mantap gan
    Info Backpackeran ke Thailand

    ReplyDelete
  46. wah.. q twx cma atlantis n robin hood.. hehe

    ReplyDelete
  47. ternyata ilmu pengetahuan sangat luas ya ..thanks gan :)

    ReplyDelete
  48. pengetahuan luas dan ilmu akan bertambah ,artikel nya keren dan bagus nih :)

    ReplyDelete
  49. artikelnya bagus.. nambah pengetahuan.. :) ternyata masih banyak misteri yang belum terpecahkan di dunia ya..

    ReplyDelete
  50. sangat bermanfaat.. semoga makin sukses dengan blognya..

    ReplyDelete
  51. Izin nyimak aja gan, cz ane kurang tau sama artikel di atas hheee...

    ReplyDelete
  52. Memang Misteri ..
    izin Menyimak sementara deh :D

    ReplyDelete
  53. thanks banyak gan.. ini info sangan bermanfaat bagi saya.. wish u all the best...

    ReplyDelete
  54. http://symbianthefallen.blogspot.com

    ReplyDelete
  55. beuhhhhh keren abis gan infonya cukup menambah wawasan

    ReplyDelete
  56. Masya Allahu... Semua tidak terlepas dari campur tangan kuasa tuhan.. Memang masih banyak yang menjadi rahasia yang tidak bisa dicerna oleh akal logika bahkan dengan teknologi...

    ReplyDelete
  57. subhanallah...info yang menambah pengetahuan...terimakasih gan, posting misteri lokal (indonesia) juga gan..

    ReplyDelete
  58. sipp...wawasanku bertambah, jangan bosen berbagi ilmu ya gan.

    ReplyDelete
  59. sippp...makasih infonya, maju terus bloger indonesia.

    ReplyDelete
  60. mantap infonya sob....tq | salam sukses

    ReplyDelete
  61. wahhh.. mantap gan infonya.. seru dan menarik.. jadi menambah wawasan nh,, thanks gan :D

    ReplyDelete
  62. bgus bnget artikelnya,,, jdi bnyak yg sya ketahui skarang,, thanks gan

    ReplyDelete
  63. setiap sejarah punya pelajaran bwat kita,, mantap artikelnya

    ReplyDelete
  64. wwwaah kren bgt gan menarik ..
    saya suka cerita tntng bngs romawi ..
    :)

    ReplyDelete
  65. Informasinya keren abis mas bro :)

    ReplyDelete
  66. keren ne sahabat salam kenal d tunggu kunjungan balik na.

    ReplyDelete
  67. nice post brow, kalo di indonesia, kebanyakan misteri horor yang gak jelas tapi ada yang terpecahkan..

    ReplyDelete
  68. sippp banget gan...pengetahuan ane bertambah..thanks banget.

    ReplyDelete
  69. Info yang sangat bermanfaat sekali, terimakasih atas infonya ya gan..!!

    ReplyDelete
  70. ditunggu postingan yang bermanfaat berikutnya..

    ReplyDelete
  71. Segitiga bermuda juga adalah salah satu misteri yang belum terpecahkan

    ReplyDelete
  72. terima kasih buat infonya gan...semoga terus memberikan info2 terbaik lainnya,, like it

    ReplyDelete
  73. thanks gan artikelnya sangat bermanfaat, ditunggu postingan berikutnya..izin bookmark dl ya..^_^

    ReplyDelete
  74. banyak sekali misteri di dunia ini ya.. :D

    ReplyDelete
  75. misteri misteri memang masih ada samapi sekarang

    ReplyDelete
  76. sejarah ini belum dipelajari di IPS,. sayang ya

    ReplyDelete
  77. aku suka banget ni sama sejarah. tapi gak kalo di sekolah. makasi artikelnya, bisa menambah wawasan.

    ReplyDelete
  78. artikel yg bagus sekali sobat, jadi menambah wawasan tentang sejarah.

    di tunggu ya sobat, kunjungan baliknya.

    ReplyDelete
  79. wah artikelnya sangat bagus saya bisa jadi tau sejarah tentang orang jaman dulu thanks atas infonya......!

    ReplyDelete
  80. artikel ini sungguh bermanfaat sekali bagi saya karen a sya bisa tau sejarah thanks atas infonya.......!

    ReplyDelete
  81. memang betul sekali gan, manusia itu punya sejarah yang sangat panjang thanks atas infonya .........!

    ReplyDelete
  82. terimakasih atas infonya sangtat bermanfaat saya jadi tau sejarah deh.........!

    ReplyDelete
  83. fakta yang unik dan benar benar unik

    ReplyDelete
  84. artikelnya sangat bagus menceritakan tentang sejarah manusia thanks atas infonya........!

    ReplyDelete
  85. wah saya jadi inget waktu sma, belajar tentang sejarah thanks atas infonya........!

    ReplyDelete
  86. luar biasa gan info nya...!

    menambah wawasan dan pengatuan ane....!

    makasih banget gan info nya..!

    ReplyDelete
  87. bacaan kaya gini mengajak kita merenungkan hidup...

    ReplyDelete
  88. artikel yang menarik untuk disimak...

    ReplyDelete
  89. mantap gan infoya.. serasa kembali ke zaman dulu, pas bacanya.. :)

    ReplyDelete
  90. info yang sangat bermanfaat sekali tuk saya thanks ata imfonya.....!

    ReplyDelete
  91. Lambat laun semua misteri akan terpecahkan, top informasi..nya

    ReplyDelete
  92. Wah, misterius banget yah. Mendidik serta eksploratif. Makasih atas artikelnya... Jangan lupa kunjungan baliknya ya... :D,

    ReplyDelete
  93. Semua masih misteri hingga kini...

    ReplyDelete
  94. oh yang kini menjadi samudera atlantik itu yea thanks atas infonya sangat bermanfaat sekali tuk saya......!

    ReplyDelete
  95. follow blog gue sob
    http://petualangunik.blogspot.com/
    pasti gue follow balik kok

    Walker Blogger

    ReplyDelete
  96. oh jadi itu sejarahnya atlantis thanks atas infonya.......!

    ReplyDelete
  97. oh jadi itu sejarahnya thanks atas infonya sangat bermanfaat sekali tuk saya .........!

    ReplyDelete
  98. Jadi inget pejajaran sejarah waktu sekolah dulu nih.

    ReplyDelete
  99. wah bener-bener sesuatu yang sangat misterius ya...

    ReplyDelete
  100. saya kok baru tahuya.... Terima kasih atas informasinya..

    ReplyDelete
  101. Dengan banyak baca kita menjadi tahu. Terima kasih atas informasinya.

    ReplyDelete
  102. dunia ini terlalu banyak misteri ya....

    ReplyDelete
  103. jadi inget waktu sekolah smp, tentang sejarah tapi terimakasih banyak atas infonya ........!

    ReplyDelete
  104. oh jadi ini kisahnya yang sekarang jadi samudera atlantis itu ya thanks atas infonya sangat bermanfaat sekali tuk saya......!

    ReplyDelete
  105. artikel yang sangat berguna jadi inget jaman dulu sekolah belajar tentang sejarah thanks atas infonya.98]lgfq......!

    ReplyDelete
  106. ya karena itu jadi rahasia alloh jadi gak bakalan masuk akal, thanks atas infonya.........!

    ReplyDelete
  107. hmm, ya udah lah kalau nggak bisa dipecahkan

    ReplyDelete
  108. oh yang sekarang mejadi samudera atlantis itu ya, terimakasih banyak atas infonya..........!

    ReplyDelete
  109. Ilmu yang sangat menarik, terima kasih atas ilmu pengetahuan

    ReplyDelete
  110. Misteri harus di pecah jangan di lupakan, jangan menjadi tanda tangan buat manusia.

    ReplyDelete
  111. oh itu sejarahnya samudera atlantis itu ya..........!

    ReplyDelete
  112. mungkin bangsa2 yg tiba2 hilang itu karena kesalahan sendiri

    ReplyDelete
  113. sip gan

    Dokterpena.com
    jasa penulisan artikel, jasa tulis artikel

    ReplyDelete
  114. oh jadi ini kisahnya yang menjadi samudera atlantis itu thanks atas infonya.......!

    ReplyDelete
  115. oh gtu yea gan ceritanya yang sekarang menjadi samudera atlantis itu yea, terimakasih banyak atas infonya sangat bermanfaat sekali tuk saya........!

    ReplyDelete
  116. keren infonya.. ditunggu yah update terbarunya.. hehehhe

    ReplyDelete
  117. kalau ingat robin hood, jadi ingat hong gil dong (tokoh robin hood korea), hehe

    ReplyDelete
  118. oh jadi itu sejarahnya yang sekarang menjadi samudera atlantis itu yea thanks atas infonya......!

    ReplyDelete
  119. oh jadi ini yang sekarang menjadi samudera atlnatik itu ya, terimakasih banyak ya atas infonya ......!

    ReplyDelete
  120. artikelnya bagus.. nambah pengetahuan.. :) ternyata masih banyak misteri yang belum terpecahkan di dunia ya..

    ReplyDelete
  121. keren misterinya gan, saya paling tertarik mengenai atlantis, banyak penulis yang menceritakan misteri pulau ini namun saya masih tetap penasaran mengenai pulau ini, dimana sebenarnya letak pulau ini yang sesungguhnya, dan apakah benar ia adanya pulau ini, itulah yang selalu menjadi pertanyaan saya jika melihat kata-kata atlantis...

    ReplyDelete
  122. Artikelnya sungguh bermanfaat ane baru dengar yang rongorongo itu maklum wong ndeso hehehe jadi penasaran ane...thanks atas infonya......!

    ReplyDelete
  123. Kunjungan balik yaa gan :)
    www.novalbintangs.com

    ReplyDelete
  124. Nice Share and Keep Posting. Nambah Pengetahuan Banget dah :D

    ReplyDelete
  125. wah,bru tau

    http://guntaraajie-version.blogspot.com/

    ReplyDelete
  126. pernah denger sih dikit waktu jaman sekolah smp dulu, jadi mengingatkan waktu sekolah thanks atas infonya sangat bermanfaat sekali tuk saya........!

    ReplyDelete
  127. yang bikin saya paling penasaran Atlantis, akhir akhit ini ada buku yang baru realis ane lupa lagi tuh pengarangnya..
    bahwa atlantis udah di temuin tepatnya di indonesia..terimakasih banyak atas infonya sangat bermanfaat sekali tuk saya.......!

    ReplyDelete
  128. terima kasih infonya gan, sangat menarik buat saya.

    ReplyDelete
  129. Sebenarnya ini merupakan tantangan bagi semua umat manusia di jagat raya, bukan hanya tantangna buat para ilmuwan dan arkeolog saja. Saya meyakini bahwa semua itu pernah ada dan pernah terjadi (bukan hanya dongeng belaka)dan memang semua ini juga harus kita kaitkan dengan pola pikir dan keagungan Tuhan YME.

    ReplyDelete
  130. Terimakasih, informasinya sangat bermanfaat menambah pengetahuan sejarah saya.. ditunggu informasi menarik lainnya. :)

    ReplyDelete
  131. Ih,,,, kota matinya serem banget yah..

    ReplyDelete
  132. Artikelnya walaupun panjang.... namun sangat berguna, sejarah...

    ReplyDelete
  133. artikel yang bagus gan, thanks for share.

    ReplyDelete
  134. terimakasih banyak atas infonya snagat bermanfaat sekali tuk saya......!

    ReplyDelete
  135. mumi orang eropa di cina , kok bisa yh gan . .

    ReplyDelete
  136. artikelnya sangat bagus dan bermanfaat sekali tuk saya .....!

    ReplyDelete
  137. Suatu informasi yang luar biasa gan, sangat bermanfaat. waktu sekolah saja saya belum menemukan informasi ini.

    ReplyDelete
  138. info yang mengesankan dan gambar nya unik-unik,makasih gan untuk info nya ,salam kenal aja,,

    ReplyDelete
  139. info bagus.!! kira kira semua itu dapat di pecahkan tidak ya.?

    ReplyDelete
  140. Mudah-mudahan suatu saat pasti akan terpecahkan.

    ReplyDelete